3 Inovasi yang Harus Dimiliki Smartphone Flagships di 2019
Telsetnews — 7 Aug 2018 16:40

Telset.id, Jakarta – Tidak ada smartphone yang sempurna. Selalu ada kekurangan, bahkan jika beberapa inovasi sebenarnya sangat bertolak belakang dengan fungsi dari smartphone itu sendiri. Namun, ada beberapa inovasi yang kami anggap penting untuk smartphone masa depan.

Hal tersebut dilakukan demi menghadirkan smartphone canggih yang sekaligus menjadi pembeda dibanding vendor lainnya. Beberapa fitur smartphone bahkan menjadi fitur terbaik yang pernah ada hingga saat ini.

Berikut 3 Inovasi yang Harus Dimiliki Smartphone Flagships di 2019

The End of The Notch

Apple sebagai pioneer layar notch telah sukses membuat smartphone berbeda tampilan depannya dari era sebelumnya. Dan sukses ini diikuti banyak produsen lainnya untuk menggunakan layar notch di beberapa seri smartphonenya. Layar notch ini telah bermanifestasi di sebagian besar flagship pada tahun 2018. Tren ini, yang mengambil ukuran dan bentuk berbeda tergantung pada pabrikan, namun bagaimanapun juga tidak sedap dipandang.

Meski beberapa seri smartphone bisa menghilangkannya dengan bantuan aplikasi bawaan atau aplikasi tambahan. Akan tetapi Tren ini sebaiknya hilang di 2019 nanti. Pasalnya tampilan smartphone secara utuh sangat kurang bisa dinikmati. Jadi kenapa di 2019 nanti pengguna masih akan setia memilih rasio layar yang lebih besar.

BACA JUGA

Misalkan saja rasio 18:9, smartphone dengan rasio ini banyak terjual selama ini. Alasannya, pertama, adalah tak menambah ukuran bodi smartphone namun tetap menampilkan layar yang lega, sehingga masih nyaman dalam genggaman.

Kedua, layar 18:9 dapat memudahkan penggunanya ketika melakukan mutli-tasking tanpa terganggu notch. Misalnya saja ketika membuka dua aplikasi secara sekaligus. Apalagi, kini telah tersedia fitur split screen yang membagi dua tampilan layar di Android Nougat. Dengan begitu, pengguna bisa membuka dua aplikasi sekaligus.

In-display Fingerprint Readers

Fitur Pengenalan wajah memang menjadi sesuatu yang baru dan menjadi fitur jualan beberapa produsen smartphone. Tetapi fitur ini memiliki kelemahan ketika kondisi cahaya memburuk dengan cepat menjadi masalah untuk membuka smartphone Anda.

Sebagian besar flagship telah mengantisipasi masalah ini dengan menawarkan sensor sidik jari klasik untuk mengurangi kekhawatiran ini, dan ini tidak berlaku untuk semua perangkat. Model terbaru seperti OPPO Find X atau Vivo NEX sudah menggunakan sidak jari dibawah layar.

Namun teknologi pembaca sidik jari di bawah layar memiliki manfaat membantu produsen menemukan cara untuk menghemat ruang di bagian depan perangkat.

Menurut IHS Markit, pembaca sidik jari yang diintegrasikan ke layar bahkan akan menjadi sangat tersebar luas pada tahun 2019 dengan tidak kurang dari 100 juta smartphone yang diproduksi.

Wireless Charging For Everyone

Meskipun pengisian nirkabel menjadi populer, akan tetapi banyak flagships tidak menawarkannya pada di tahun 2018 ini seperti OnePlus 6 , Xiaomi Mi 8 , Huawei P20 Pro, dan masih banyak lagi. Namun, aksesori yang kompatibel semakin banyak dan dipasarkan dengan harga yang semakin terjangkau. Bahkan beberapa hotel atau restoran sekarang bahkan menawarkan furnitur atau meja yang menawarkan fungsionalitas.

Untuk Wireless Charging Samsung telah lama menjadi yang terbaik selama bertahun-tahun. Sedangkan Apple telah memutuskan untuk mengadopsinya di iPhone 8 dan iPhone X. Beberapa pengamat berharap inovasi ini sama trend-nya dengan layar notch.

Jadi di tahun 2019 nanti banyak yang berharap teknologi ini diterapkan banyak smartphone. dan jika Anda tidak percaya saya lihat apa yang terjadi pada jack headphone!

So! Itu tadi 3 inovasi yang akan diharapkan terus hadir sampai tahun 2019. Jika Anda memiliki tambahan inovasi yang harus ada di smartphone Anda, isi kolom komentar ya. (MS)

Sumber : AndroidPit

512
512