Lakukan 5 Hal Ini, Biar Smartphone dan Liburan Tetap Tak Terpisahkan
Telsetnews — 8 Aug 2018 12:23

Telset.id, Jakarta – Liburan merupakan aktifitas paling menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Alasannya sederhana, selain membuat badan dan pikiran fresh, kita juga bisa terbebas dari rutinitas dan ketegangan sehar-hari.

Namun demikian, ada satu hal yang tidak akan pernah kita lupakan, bahkan saat akan berlibur sekalipun. Ya, smartphone. Pasalnya alat ini berfungsi untuk banyak hal, mulai dari sekedar mesin untuk chattting, telepon, penyimpanan tiket, hingga bukti pembayaran.

Untuk itu, kita perlu mengoptimalkannya agar aktifitas liburan tidak berakhir terganggu dan malah semakin seru. Nah, Telset.id merangkum lima cara untuk bisa melakukan itu, yuk simak.

1. Hemat kapasitas baterai

Tidak ada yang lebih menyebalkan dari kehabisan baterai di tengah perjalanan. Apalagi jika lokasi dimana kita berada saat itu tidak memiliki tempat pengisian. Karenanya, hemat-hemat lah kapasitas baterai dengan langkah simple. Pertama kurangi tingkat keterangan layar (brightness level), gunakan power saving mode, dan terakhir hindari penggunaan aplikasi yang berpotensi menyedot daya baterai dengan cepat.

BACA JUGA

Selain itu, biasakan juga menggunakan kabel data atau charger original jika ada yang mendukung fast charging. Dan isi dengan listrik stabil, karena listrik yang tidak stabil dapat memperpendek umur baterai.

2. Jaga kapasitas memori

Salah satu hal penting lainnya untuk smartphone adalah memori. Apalagi buat kita yang hobi jepret sana jepret sini selama liburan. Untuk menjaga memori smartphone tetap ada saat dibutuhkan, hapus file-file yang tidak diperlukan atau pindahkan ke PC atau laptop sebelum berangkat, gunakan aplikasi-aplikasi storage manager untuk membersihkan memori smartphone.

Kita juga harus memastikan semua foto dan video tersimpan di memory card. Selain itu, gunakan pixel kualitas rendah agar memori tidak banyak terpakai.
Cara lain dan bisa membuat kita tetap eksis adalah menyimpan foto di dunia maya seperti media sosial atau cloud storage.

3. Unduh aplikasi pendukung liburan

Fungsi smartphone memang untuk memudahkan, oleh karenanya sebelum liburan upayakan mengunduh aplikasi yang mendukung. Seperti aplikasi navigasi, rekomendasi tempat liburan, rekomendasi hotel dan transportasi dan sebagainya. Biar nggak bingung di tempat tujuan.

4. Jangan lupa screen protector

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat liburan, begitu juga kondisinya. Bisa saja saat selfie smartphone tiba-tiba terlepas dan sebagainya. Oleh karena itu, melindungi perangkat kesayangan kita dengan casing dan screen protector adalah penting. Apalagi ditambah casing tahan air. Siapa tahu tiba-tiba nyemplung di laut.

5. Aktifkan password

Selain melindungi fisik perangkat, kita juga harus melindungi data yang ada di dalamnya. Karena bisa saja kejadian buruk menimpa smartphone, seperti hilang atau dicuri. Untuk menghindari penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, mengaktifkan password sangatlah penting. [IF]

512
512