Ericsson Resmikan Pusat Inovasi IoT di Hanoi
Selular — 6 Dec 2018 14:00

Jakarta, Selular.ID – Vendor jaringan Ericsson yang berbasis di Swedia dan Kementerian Sains dan Teknologi Vietnam (MoST) menandatangani MOU untuk membangun pusat inovasi IoT (Internet of Things) di Hoa Lac Hi-Tech Park, Hanoi.

Menurut laporan Viet Nam News, pusat inovasi IoT itu dijadwalkan akan dibuka pada Q1 2019. Keberadaannya akan mendukung start-up dalam mengembangkan, menguji dan memasarkan aplikasi IoT.

Menteri Sains dan Teknologi Vietnam Chu Ngoc Anh, mengatakan bahwa Vietnam harus menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk pengembangan bisnis dengan membina sumber daya manusia dan membangun sistem infrastruktur yang sejalan dengan tantangan dan kebutuhan industri.

Di sisi lain, ia juga menginginkan negara dapat menyelesaikan pembangunan jaringan 4G dan mempelajari teknologi 5G untuk memenuhi persyaratan IoT.

Denis Brunetti, kepala Ericsson Vietnam dan Myanmar, mengatakan bahwa Ericsson sepenuhnya mendukung Program Jaringan Inovasi Nasional pemerintah, yang mengakui perlunya meningkatkan kemampuan inovasi Vietnam untuk menghadapi tantangan dan menangkap peluang terkait dengan Revolusi Industri Keempat.

Dia mengatakan investasi Ericsson di Vietnam adalah tentang membangun infrastruktur IoT.

“Tetapi pada saat yang sama bekerja dengan pemerintah dan pengusaha, serta kalangan bisnis serta universitas untuk menyatukan mereka dalam ekosistem yang menciptakan aplikasi teknologi di atas platform IoT”, kata Denis.

Vietnam, negara berpenduduk 96 juta orang, memiliki sekitar 140 juta sambungan selular dengan 35 persen mendukung kecepatan teknologi mobile broadband.

Sebelumnya pada Juli 2018, Ericsson telah membangun laboratorium inovasi 5G pertama di India. Laboratorium yang berpusat di Institute of Technology Delhi, bertujuan untuk mempercepat penyebaran 5G di negara tersebut dengan menyatukan ekosistem telekomunikasi, akademisi, industri, dan start-up.

Borje Ekholm, Presiden dan CEO Ericsson, mengatakan bahwa Pusat Keunggulan dan Laboratorium Inovasi bertujuan untuk merangsang ekosistem 5G di India.

“Kami ingin merangsang kreativitas dan inovasi industri India, akademisi dan wirausahawan. Untuk sepenuhnya memanfaatkan dan membuat 5G hadir di India”.

512
512