Tidak Lagi Untung, Cydia Berhenti Jualan Aplikasi iOS Bajakan
Selular — 17 Dec 2018 16:30

Jakarta, Selular.ID – App Store memiliki pesaing yakni Cydia. Namun dalam mendistribusikan aplikasi iOS, toko aplikasi ini memang terkenal dengan aplikasi bajakan. Menyadari bahwa hal itu terkait dengan celah keamanan terkait otorisasi token digital PayPal yang berdampak pada sejumlah penggunanya.

Sehingga Cydia dikabarkan berhenti menjual aplikasi iOS versi jailbreak. Dilaporkan Mac Rumors, tidak hanya itu, disebutkan selain tidak aman pendapatan Cydia pun terus turun. Pasalnya selama beberapa tahun belakangan, ekosistem iOS terus tumbuh menjadi semakin aman dan sulit ditembus. akibatnya, kini anggota komunitasnya sudah berkurang. Pasalnya selama beberapa tahun belakangan, ekosistem iOS terus tumbuh menjadi semakin aman dan sulit ditembus.

Jay Freeman Pendiri Cydia memutuskan untuk menyetop penjualan aplikasi melalui mobile store-nya itu.Store secara keseluruhan sebelum tahun ini berakhir, dan bahkan memikirkan kemungkinan untuk mempercepatnya.

Menurut dia, layanan ini membuatnya rugi dan sudah tak bersemangat lagi untuk menjaganyaa. Freeman pun menyebut dengan menutup layanan ini sebenarnya juga tak membantunya secara finansial, karena ia tetap harus membayar sewa hosting untuk repository Cydia. Namun ia mengaku pekerjaan barunya cukup menghasilkan untuk menutupi biaya tersebut,

Cydia diluncurkan petama kali 10 tahun lalu, tak lama setelah iPhone pertama mampu di jailbreak. Layanan ini menawarkan cara ke pengguna iOS untuk mem-bypass “gembok” Apple di App Store.

Pada awalnya memang dapat membantu mendanai jumlah staf kecil untuk mempertahankan ekosistem, tetapi itu butuh biaya besar.Berjalannya waktu, layanan tersebut berkembang pesat dan mampu membangun basis penggemar yang fanatik. Pada akhirnya, bagaimanapun juga, popularitas perangkat yang bisa di jailbreak pun semakin menyusut. Sehingga bisnis ini tidak lagi menguntungkan.

512
512