Google Akan Bawa Fitur Dark Mode Secara Menyeluruh di Android Q
TeknoJurnal — 7 Jan 2019 20:00

Dark Mode Secara Menyeluruh Header[Ilustrasi Oleh Flickr]

Google telah menyetujui bahwa di masa mendatang timnya akan membangun Android Q dengan dukungan fitur dark mode juga akan secara native bekerja pada semua aplikasi bawaan Android.

Bukan rahasia lagi memang, selama beberapa waktu belakangan ini, Google sedang konsen untuk memberikan dukungan fitur dark mode pada semua aplikasi Android yang dikembangkannya.

Dengan fitur mode gelap tersebut, layar perangkat akan bekerja dengan lebih gelap, sehingga dapat lebih sedikit membuat retina terbakar dan lebih ramah terhadap baterai di perangkatnya.

Adapun beberapa aplikasi yang telah mendapatkan fitur ini adalah YouTube, Telepon, Kontak, Pesan, Pixel Launcher, Google News, beberapa bagian aplikasi Maps, dan masih banyak lagi.

Dan setelah banyak orang kecewa karena harapannya agar Google membawa fitur ini pada Android Pie secara menyeluruh tidak terjadi, banyak orang percaya bahwa fitur ini akan hadir di sistem operasi selanjutnya, yakni Android Q.

Baca Juga:

Dalam sebuah paparan di Chromium bug tracker, seorang Googler bernama Lukasz Zbylut menyebutkan bahwa mode gelap merupakan salah satu fitur yang telah disetujui hadir pada Android Q.

Zbylut juga menambahkan bahwa Tim pengembangan Android Q ingin memastikan bahwa semua aplikasi yang bawaan Android dapat mendukung mode gelap secara native, dan agar berhasil, mereka memerlukan semua elemen UI yang bertema gelap secara ideal pada Mei 2019.

Melalui post tersebut sebenarnya Zbylut ingin menunjukkan bahwa tim Chrome harus memastikan ada pengaturan di dalam browser untuk mengaktifkan mode gelap, dan memodifikasi elemen UI inti agar sesuai dengan tema ini.

Bahkan, Zbylut menyampaikan bahwa akan ada pengaturan master untuk mode ini, yang akan dapat diakses melalui Pengaturan -> Tampilan -> Mode Gelap di Android Q.

Sayangnya, Google telah mengubah izin akses di Chromium bug tracker menjadi hanya pegawai Google saja yang bisa mengaksesnya. Namun, dengan adanya hal ini mengindikasikan bahwa Google benar-benar akan membawa fitur ini ke Android Q.

Dan untuk memastikan apakah fitur ini benar-benar akan diusung Google ke Android Q, kita tunggu saja sistem operasi terbaru Google ini melalui versi pratinjau untuk pengembang yang kemungkinan akan dirilis awal tahun ini.

[Sumber: AndroidPolice]

512
512