...
HP POPULER MINGGU INI

Cara Baru Hacker Bobol Password Melalui Sidik Jari di Keyboard

Selular | 10 Jul 2018 02:00
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Cara Baru Hacker Bobol Password Melalui Sidik Jari di Keyboard

Jakarta,Selular.ID – Berbagai cara dilakukan Hacker untuk mencuri password pengguna. Salah satunya adalah memanfaatkan celah bekas sidik jari pengguna yang tertinggal di keyboard komputer.

Dilaporkan Daily Mail, celah tesebut adalah Thermanator, dimana modus juga bisa dimanfaatkan hacker untuk mengintip kode pin di tombol mesin ATM atau juga tombol keyboard smartphone.

Gene Tsudik, pimpinan peneliti menuturkan metode ini adalah modus baru yang bisa digunakan hacker untuk mengetahui password dari jarak jauh.

Cara kerjanya tergolong mudah, tetapi mirisnya tidak banyak orang tahu cara ini bisa dilakukan di tempat yang ramai. Dikatakan Gene Tsudik, dilakukan di tempat-tempat umum seperti restoran, perpustakaan, kafe.

Menurut studi terbaru peneliti di University of California, bekas sidik jari di keyboard komputer memang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.Namun, dengan bantuan lensa thermal, bekas sidik jari bisa tampak secara jelas karena panas yang masih tersisa di keyboard.

Dari situ, hacker merekam dan mengetahui gerakan panas bekas sidik jari korban, mereka akan memilah password secara satu per satu dan berurutan.

Modus ini bahkan sudah diuji coba ke 31 peserta yang mengetik password mereka di empat jenis keyboard yang berbeda.

Hasilnya kamera thermal mampu merekam panas bekas sidik jari dari 31 pengguna tersebut hanya dalam waktu 30 detik saja.

Sehingga disarankan jika mengetik password di komputer di tengah banyak orang, agar berhati-hati dan menghapus sidik yang tertinggal di keyboard.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia