Corning Siapkan Lapisan Gorilla Glass Khusus Smartphone Lipat
Telset — 6 Mar 2019 20:00

Corning Siapkan Lapisan Gorilla Glass Khusus Smartphone Lipat

Telset.id, Jakarta – Corning telah siapkan lapisan Gorilla Glass khusus smartphone lipat. Perusahaan tersebut sadar, bahwa biaya perbaikan untuk layar lipat yang fleksibel pasti akan mahal, sehingga mau tak mau pemilik smartphone lipat harus bisa melindungi layar smartphone-nya dari kejadian yang tidak diinginkan.

Corning punya sejarah panjang dalam menyediakan kaca pelapis yang kuat untuk layar smartphone. Menurut Ubergizmo, dilansir Telset.id pada Rabu (06/03/2019), lapisan Gorilla Glass itu akan cocok digunakan di smartphone layar lipat.

Diungkapkan General Manager Corning, John Bayne, kaca pelapis ini akan dapat digunakan dalam waktu dua tahun mendatang.

Ia menambahkan, tantangan besar untuk Corning adalah menciptakan kaca dengan ketebalan cukup tipis. Kaca tersebut harus dibengkokkan, tapi masih cukup kuat sehingga bisa melindungi layar yang dilapisinya.

John mengatakan, Corning berusaha mencari cara untuk mencapai jarak lengkungan setebal 3 hingga 5 mm untuk kaca setebal 0,1 mm. Dengan demikian, layar lipat smartphone bisa setebal 6 hingga 10 mm dengan lapisan kaca Gorilla.

“Tantangan teknisnya adalah, bisakah Anda menjaga radius lengkungan 3 hingga 5 mm dan juga meningkatkan resistansi kaca terhadap kerusakan. Itulah yang ingin kami tuju,” kata John.

Baru-baru ini, Samsung dan Huawei saling klaim bahwa teknologi smartphone lipatnya lebih unggul satu sama lain. Bos Huawei Mobile Business, Richard Yu misalnya, mengatakan jika desain perangkat yang ditawarkannya jauh lebih baik dari Galaxy Fold.

Yu meyakini, perangkat dengan memiliki layar ganda akan menjadikan bobot smartphone terlalu berat. Huawei sendiri akhirnya memutuskan untuk menggunakan desain berbeda pada Huawei Mate X.

Smartphone ini hadir dengan layar berukuran 8 inci dan didesain agar layarnya dapat dilipat ke luar. Ketika dilipat, layar bagian depan berukuran 6,6 inci dan aspek rasio 19,5 : 9 akan aktif, sementara layar yang berada di bagian belakang dengan ukuran 6,38 inci dan aspek rasio 25 : 9 akan mati.

Namun desain tersebut dinilai memiliki kekurangan, panel layar Mate X terpapar lingkungan sekitar tanpa perlindungan. Hal ini mengindikasikan bahwa dalam jangka waktu lama, daya tahan Huawei Mate X berpotensi tidak sebaik perangkat premium Samsung tersebut. (BA/FHP)

512
512