Ketika Kecerdasan Buatan Mengambil Alih Kinerja Smartphone
Telset — 12 Mar 2019 12:25

Ketika Kecerdasan Buatan Mengambil Alih Kinerja Smartphone

Telset.id – Bertahun-tahun yang lalu, mobile phone atau ponsel mungkin tak lebih dari sebuah alat komunikasi. Fungsinya untuk menelpon, berkirim pesan, dan sesekali browsing internet, meski masih dalam skala kecil. Belum ada 3G saat itu, apalagi 4G.

Namun demikian, semua berubah seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, ponsel menjadi semakin pintar – mungkin karena itu dalam perjalanannya berganti menjadi smartphone, dan tugasnya pun tak lagi sekedar menerima atau melakukan panggilan, tidak juga sekedar mengirim dan menerima pesan.

Lebih dari itu, ponsel menjelma menjadi perangkat yang sangat berguna dan dibutuhkan oleh manusia. Ini bisa digunakan untuk menjelajah internet melepas penat, bisa juga dijadikan partner dalam menuntaskan pekerjaan.

Fungsi smartphone kini kian bertambah, terlebih dengan dikenalkannya Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan.

Smartphone kini bahkan menjadi ‘platform kecerdasan’ yang berusaha memahami perilaku pengguna dengan cara yang akan meningkatkan pengalaman pengguna semakin personal.

Diungkapkan perusahaan riset Gartner, AI akan menjadi salah satu fitur utama yang menjadi pembeda antar produsen smartphone, serta menjadi fitur yang esensial dalam menghadapi kompetisi pasar ke depan.

Gartner memprediksi, setidaknya 80% produsen akan mengusung kemampuan AI dalam setiap piranti smartphone-nya pada 2022,. Ini tentu saja meningkat pesat jika dibandingkan dengan data tahun 2017 yang baru mencapai 10% dari total smartphone.

Smartphone berbasis AI saat ini pun semakin mudah dijangkau dan didapatkan pengguna, diantaranya adalah seri V15 dari Vivo.

Pabrikan asal Tiongkok itu menempatkan berbagai fitur berbasis kecerdasan buatan untuk interaksi yang lebih baik, hasil kamera yang bisa diandalkan, hingga prosesor yang bekerja sesuai kebutuhan dan gaya hidup para pengguna.

Fitur kamera dalam hal ini menjadi salah satu sektor yang tidak bisa diabaikan. Bahkan sektor kamera menjadi “fitur pembunuh” di ranah selfie. Tak hanya berkat kamera pop up 32 MP yang dibawanya, Vivo juga mengandalkan AI Triple Camera atau tiga kamera sekaligus sebagai kamera utamanya.

Baca juga: Dibalik Konfigurasi Triple Kamera Vivo V15

Sesuai namanya, ketiga kamera ini telah didukung oleh teknologi berbasis AI untuk membantu pengguna menghasilkan foto terbaik di setiap momennya.

Tiga kamera tersebut masing-masing adalah lensa utama dengan sensor 12MP aperture f/1.78 dan teknologi Dual Pixel, lensa Super Wide-angle 120° beresolusi 8MP, dan lensa depth beresolusi 5MP untuk pengambilan foto bokeh.

Ada sejumlah fitur berbasis AI juga di dalamnya, yang memungkinkan pengguna dapat mengambil foto berkualitas dengan mudah.

Seperti AI Body Shaping yang memungkinkan pengguna menyesuaikan setiap aspek tubuh seperti pinggang, dan kaki. Kemudian ada AI Face Beauty, AI Portrait Lighting, sampai fitur Smart Framing, untuk membuat pengguna dapat mengambil foto ala profesional dengan baik.

Baca juga: Punya Tampilan Keren, Ini 3 Keunggulan Kamera Vivo V15

Di sektor baterai, Vivo membekali V15 tak hanya dengan baterai berkapasitas besar, yakni 4000 mAh, ada juga dukungan Android 9 Pie pada Funtouch OS 9.0 yang memaksimalkan penggunaan daya melalui fitur Adaptive Battery.

Adaptive Battery sendiri didukung oleh pembaruan pada kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang mempelajari kebiasaan mengenai penggunaan smartphone.

Selain itu, kemampuan deep convolutional neural net pada Adaptive Battery juga memprediksi fitur atau aplikasi yang akan dibuka pada beberapa jam ke depan sehingga telah mempersiapkan penggunaan daya serta slot memori dengan lebih strategis.

Bagi Anda penikmat game, tenang. Meski tidak secara khusus diperuntukkan bagi gamers, Vivo V15 unggul berkat dukungan AI.

Nah, jika pada V11 Pro dan V11 sebelumnya kita mengenal AI Game Mode yang memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman mobile gaming yang lebih maksimal dan bebas gangguan, di V15, Vivo menghadirkan kemudahan ini dengan lebih optimal melalui fitur Game Cube yang bisa langsung diaktifkan melalui shortcut interface. Bukan hanya dapat digunakan untuk aplikasi game, fitur Game Cube juga dapat diaktifkan untuk rangkaian fitur lain seperti aplikasi streaming, media sosial, hingga online marketplace sesuai keinginan pengguna.

Baca juga: Gaming Test Vivo V15, Layakkah jadi Smartphone Gaming?

Nah, buat Anda yang ingin merasakan secara langsung kemampuan AI Vivo V15, bisa langsung klik disini. Perangkat ini juga sudah dapat dibeli langsung mulai hari ini (12/3/2019), baik melalui e-commerce maupun Vivo Store, dan nikmati garansi resmi selama 18 bulan.

Dengan kecanggihan AI yang dimiliki oleh Vivo V15, harganya yang ditawarkan hanya Rp 4.399.000,-, dan sepanjang periode 5-31 Maret 2019 konsumen juga dapat menikmati paket penawaran KartuHalo Device Plan Lite atau Medium Khusus pembelian V15 di GraPARI, Erafone, Point200, Telesindo Shop, OkeShop, Global Teleshop, Megafon, Sellular Shop dan Apollo Store. (IF)

512
512