...
HP POPULER MINGGU INI

Masyarakat Korsel Tak Antusias dengan Peluncuran Galaxy S10

Selular | 11 Mar 2019 01:00
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Masyarakat Korsel Tak Antusias dengan Peluncuran Galaxy S10

Jakarta, Selular.ID – Samsung resmi meluncurkan flagship terbarunya, Galaxy S10 pada 20 Februari 2018 di San Fransisco, AS. Tak tanggung-tanggung demi memenangkan pasar di segmen atas yang semakin kompetitif, chaebol Korsel itu menyiapkan tiga model S10.

Samsung sangat berharap, kehadiran S10 dapat membantu mereka kembali ke jalur positif. Dalam dua tahun terakhir, sang penguasa pasar itu memang tengah mengalami masa-masa suram dalam bisnis smartphone.

Perusahaan tak ingin lagi terjebak dalam pusaran kegagalan, seperti yang terjadi pada pendahulunya S10, yakni Galaxy S9.

Imbas dari penjualan S9 yang diluar prediksi, membuat kinerja Samsung anjlok. Raksasa Korea itu, mengalami penurunan pendapatan hingga dua digit pada Q4 2018. Disebabkan oleh anjloknya pengiriman dan harga yang jatuh.

Sayangnya, harapan Samsung untuk kembali ke jalur pertumbuhan masih dalam tanda tanya. Pasalnya, di dalam negeri sendiri, pre-order Galaxy S10, terbilang mengecewakan.

Jumlah pelanggan yang mendaftar dengan operator setempat, untuk memperoleh Galaxy S10 ternyata lebih rendah dari pada generasi sebelumnya.

Harian terkemuka, The Korea Herald melaporkan, bahwa jumlah pelanggan memilih Galaxy S10 pada hari pertama pendaftaran, hanya mencapai 140.000.

Angka itu lebih rendah dibandingkan dua varian sebelumnya. Galaxy S9 yang mencapai 180.000 dan 200.000 untuk Galaxy Note 9 pada 2018.

Samsung menangkis laporan tersebut dengan mengatakan kepada situs web Korea Selatan, The Investor, bahwa laporan asli “didasarkan pada statistik yang salah” untuk Galaxy S9 dan Galaxy S10.

Namun Samsung tidak menjelaskan dengan cara apa mereka salah. Samsung hanya menambahkan, penjualan MVNO untuk smartphone baru juga dikecualikan.

Seperti penjualan di negara-negara lain, proses registrasi dimulai sebelum ketersediaan tiga smartphone: Galaxy S10, Galaxy S10e dan Galaxy S10 +.

Korea Herald mencatat bahwa Samsung akan meluncurkan versi unggulan 5G di masa mendatang. Sehingga beberapa pelanggan mungkin mengambil pendekatan menunggu dan melihat.

Korea Selatan adalah pasar yang maju untuk teknologi 5G. Diperkirakan, Korsel bersama dengan Jepang, akan meluncurkan teknologi selular generasi kelima itu pada 2020.

Tetapi ada faktor-faktor lain yang mungkin berperan. Karena harga smartphone kelas atas telah meningkat. Hal ini telah mengurangi permintaan di antara pelanggan yang sensitif terhadap harga.

Di sisi lain, siklus penyegaran perangkat melambat, karena relatif tidak adanya fitur baru yang mendorong pelanggan untuk meningkatkan ke teknologi terbaru pada titik paling awal.

Tentu saja, registrasi hari pertama untuk sebuah smartphone dalam satu pasar kecil, tidak bisa menjadi patokan untuk mengukur keberhasilan suatu perangkat.

Namun angka pre-order yang menandai peringatan kesepuluh flagships Galaxy, mungkin akan agak mengecewakan bagi vendor di pasar dalam negeri.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia