...
HP POPULER MINGGU INI

Smartphone Murah Google akan Dirilis, Penjualan iPhone Terancam?

Telset | 14 Feb 2019 23:51
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Smartphone Murah Google akan Dirilis, Penjualan iPhone Terancam?

Telset.id, Jakarta – Selain Google Pixel seri terbaru, Google kabarnya bakal merilis smartphone murah di tahun ini. Raksasa pencarian ini menghadirkannya untuk mendorong lini bisnis perangkat keras, sekaligus menarik minat pengguna agar beralih ke ekosistem milik Google.

Jika benar, dikutip Telset.id dari Macrumors, Jumat (15/02/2019), smartphone murah Google bakal menjadi yang berkelas non-premium pertama dengan target pasar yang “sensitif” terhadap harga.

Pasar itu biasanya berada di negara-negara berkembang. Diperkirakan, harga smartphone Google tersebut akan lebih murah ketimbang dengan iPhone XR yang dibanderol sekitar Rp 15 juta.

Selain itu, harganya juga diperkirakan akan lebih murah daripada model terbaru Google Pixel yang dirilis pada Oktober 2018 lalu yang dibanderol mulai harga USD 799 atau lebih kurang Rp 11,2 juta.

Selama ini, smartphone kelas mid-end ke high-end berharga antara USD 150 atau sekitar Rp 2,1 juta dan USD 700 atau sekitar Rp 9,8 juta. Untuk smartphone low-end, dijual seharga kurang dari USD 150. Google pun bergerak cepat untuk mengisi celah di lini itu.

Apabila smartphone murah Google benar-benar dirilis, bisa jadi akan cukup berpengaruh pada penjualan iPhone di masa yang akan datang. Sebab belum lama ini, penjualan iPhone pada kuartal IV 2018 di China turun 20 persen secara tahunan.

Berbanding terbalik dari iPhone, penjualan Huawei justru mengalami kenaikan di Negeri Tirai Bambu hingga angka 23 persen. Artinya, angka penjualan iPhone cukup signifikan.

Sebelumnya, Analis Nomura, Anne Lee, bahkan memprediksi, penjualan iPhone akan kembali mengalami penurunan pada tahun ini dan tahun depan. Penurunan tersebut diprediksi dari angka 213 juta unit pada tahun lalu menjadi 204 juta unit pada tahun ini.

Menurut laporan 9to5mac, penurunan penjualan iPhone pada 2020 diprediksi menjadi 200 juta unit. Penurunan penjualan itu disebut didorong oleh sejumlah perubahan yang terjadi di departemen eksternal Apple. Apple akan mempertahankan desain iPhone X 2019. (SN/FHP)

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia