...
HP POPULER MINGGU INI

Terus Merugi, LG Belum Mau Tinggalkan Bisnis Ponsel

Telset | 05 Feb 2019 08:36
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Terus Merugi, LG Belum Mau Tinggalkan Bisnis Ponsel

Telset.id, Jakarta – LG Mobile mengalami kerugian sebesar USD 700 juta pada tahun 2018 lalu, sedangkan divisi LG Electronics memperoleh keuntungan. Namun, CEO LG Electronics, Qiao Yujin, menyatakan perusahaannya tidak akan meninggalkan bisnis ponsel.

Qiao menyebut meski bisnis ponsel LG mengalami kerugian dalam beberapa tahun terakhir, LG tidak akan menyerah kepada bisnis ponsel mobile. Sebab, lanjut Qiao, ponsel akan memegang peranan penting dalam ekosistem IoT yang tengah dikembangkan oleh LG.

“Portofolio bisnis LG termasuk mobil dan peralatan rumah, keduanya terkait dengan smartphone, sehingga kami belum memutuskan untuk meninggalkan bisnis smartphone,” ujar Qiao Yujin seperti diberitakan oleh GSM Arena.

Qiao juga menyebut bahwa saat ini LG tengah menjalani tahun kedua dalam proses restrukturisasi bisnis smartphone perusahaannya. Proses restrukturisasi ini akan terus berlanjut hingga tahun 2020 mendatang.

Hal tersebut tidak berarti bahwa pegawai pada bisnis ponsel LG akan dirumahkan. LG dilaporkan tengah berusaha keras membangun kepercayaan konsumen, dan siap untuk meluncurkan model smartphone terbarunya.

Pada tahun 2016 lalu, LG Mobile mengalami kerugian sebesar USD1,1 miliar (Rp15,3 triliun), disusul pada tahun 2017 sebesar USD644 juta (Rp8,9 triliun) dan USD440 juta (Rp6,1 triliun) pada tahun 2018.

Di saat bersamaan, pangsa pasar LG juga mengalami penurunan. Menurut statistik dari StrategyAnalytics, pada kuartal ketiga tahun 2018, pangsa pasar LG di pasar smartphone global hanya sebesar 19 persen.

Sementara itu, LG dilaporkan menaruh harapan besar pada ponsel terbarunya yang akan mendukung konektivitas jaringan 5G, serta mengusung desain baru untuk mengubah nasib divisi perangkat mobile pada tahun 2019 ini. [BA/HBS]

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia