...
HP POPULER MINGGU INI

Transaksi E-Commerce Naik 25 Persen Saat Piala Dunia 2018

Selular | 22 Jul 2018 19:29
ARTIKEL POPULER SAAT INI

Transaksi E-Commerce Naik 25 Persen Saat Piala Dunia 2018

Jakarta, Selular.ID – Euforia Piala Dunia FIFA 2018 yang baru saja berlalu menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, terutama bagi para pelaku bisnis e-commerce.

Di Indonesia, dalam kurun waktu 6 hari penyelenggaraan Piala Dunia, terjadi peningkatan sekitar 20-80% pada traffic kunjungan dan pageviews di keenam e-commerce terbesar di Indonesia, yakni Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak dan JD.ID.

Jumlah kunjungan pun stabil cenderung naik hingga berakhirnya ajang Piala Dunia.

Sementara itu, nilai transaksi pun mengalami peningkatan hingga 27% selama satu bulan pelaksanaan Piala Dunia 2018. Hal ini terlihat dari histori transaksi yang terjadi di Shopback Indonesia dari 15 Juni hingga 15 Juli 2018.

Indra Yonathan, Country Head of Shopback Indonesia mengatakan, biasanya seusai momen Ramadan, transaksi e-commerce cenderung mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Tahun ini menunjukkan hal yang sebaliknya, jumlah transaksi di platform e-commerce rata-rata mengalami peningkatan hingga 25%.

”Ada dua faktor yang menjadi pemicu dari peningkatan ini, yakni daya beli masyarakat semakin meningkat, serta momen piala dunia yang dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk merangkul lebih banyak pengguna dengan beragam promo,” ungkap Indra.

Adapun kategori produk yang mengalami peningkatan cukup signifikan, yakni Fesyen, Pulsa, Travel, Mobile/Gadget serta Makanan.

Indra Yonathan mengatakan, makanan dan pulsa merupakan dua produk yang mengalami peningkatan yang tidak biasa untuk bulan Juli.

“Kenaikan ini bisa saja terjadi karena pengaruh Piala Dunia, dimana masyarakat membutuhkan pulsa atau paket data untuk melakukan streaming negara favorit mereka atau berinteraksi di sosial media untuk menyemarakan euforia Piala Dunia,” katanya.

Terkait produk fesyen, jersey bola cukup banyak dicari di platform ecommerce, berdasarkan data dari Alexa.com, 19,31% share of voice keyword “jersey bola” di Indonesia ada di Tokopedia, dan sisanya muncul di beberapa platform marketplace ternama lainnya, seperti Lazada (13,05%), Bukalapak (12,9%), JD.ID (7,53%), dan Blibli.com (5,43%).

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia