...
HP POPULER MINGGU INI

USB 4.0 Mulai Dipromosikan, Kecepatan Transfer Datanya 40 Gbps

DroidLime | 07 Mar 2019 20:00
ARTIKEL POPULER SAAT INI

USB 4.0 Mulai Dipromosikan, Kecepatan Transfer Datanya 40 Gbps

Sebelum USB muncul, komputer telah dilengkapi dengan port serial dan paralel untuk menyambungkan ke perangkat lain atau sekadar transfer data. Masing-masing port digunakan untuk periferal seperti keyboard, mouse, joystick dan printer.

Terkadang, kita perlu menambahkan kartu ekspansi dan driver khusus untuk menghubungkan perangkat. Port paralel mentransfer data sekitar 100 kilobyte per detik, sedangkan port serial berkisar antara 115 hingga lebih dari 450 kilobit per detik.

Beberapa port tidak dapat berjalan secara bersamaan. kendala ini pun terpecahkan dengan diperkenalkannya teknologi USB. Teknologi USB pertama mulai dikembangkan pada tahun 1994, diciptakan bersama oleh Ajay Bhatt dari Intel dan USB-IF (USB Implementers Forum, Inc).

Organisasi ini terdiri dari para pemimpin industri seperti Intel, Microsoft, Compaq, LSI, Apple dan Hewlett-Packard. Ini mendukung dan mengadopsi spesifikasi komprehensif untuk semua aspek teknologi USB. Sejak diperkenalkan, teknologi ini terus berkembang, dari USB 2.0 ke USB 3.0.

Tentu saja, peningkatan yang ditawarkan adalah kecepatan transfer data dan manfaat lainnya. Kini, USB Promoter Group berencana untuk merilis USB 4.0. Spesifikasi teknologi USB generasi berikutnya ini pun telah disebarluaskan lewat internet, seperti apa?

Dirinci secara detail, standar baru ini didasarkan pada protokol Thunderbolt Intel. Tak hanya itu, USB 4.0 juga mendukung berbagai fitur menarik di dalamnya, termasuk kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, antarmuka layar, dan pengiriman daya.

Antarmuka baru ini dikatakan masih mempertahankan konektor USB Type-C dan akan mempertahankan kompatibilitas dengan USB 2.0, USB 3.2, dan antarmuka Thunderbolt 3. Selain itu, USB 4.0 akan mendukung kecepatan transfer data maksimum 40 Gbps melalui kabel bersertifikat 40 Gbps.

Baca juga

USB Promoter Group diperkirakan akan meratifikasi USB 4.0 pada pertengahan 2019. Menjelang rilis yang dijadwalkan, lebih dari 50 perusahaan dilaporkan akan berpartisipasi aktif dalam tahap akhir pengembangan spesifikasi USB 4.0.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia